01.12

GANTI OLIE VESPA KEADAAN DARURAT

Diposting oleh oniX |

Ganti oli pada kendaraan merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan, pada dasarnya fungsi oli cuma melumasi mesin agar terhindar dari kerusakan yang diakibatkan pergesekan antara satu part dengan part lain.

Jenis oli mesin ini, tertulis dalam kemasan kode-kode yang telah ditentutan oleh SAE. Kode-kode tersebut memiliki arti khususnya mewakili nilai kekentalan dan grade yang cocok untuk applikasi pada kondisi operasi mesin tertentu. Pengertian tentang kode tsb. akan membantu penentuan jenis oli yang akan dipakai, misalnya SAE 15W-50.

Jenis oli mesin ini sangat bervariasi dengan masing-masing memiliki kondisi penggunaan optimum untuk operasional tertentu. Demikian juga ada beberapa lembaga yang bergerak dalam penentuan grade oli ini yang bertugas mengatur klasifikasi oli, sehingga mudah untuk dimengerti dan cocok untuk pemakaian di daerah tsb. Lembaga seperti ini misalnya API (America Petroleum Institute), atau ILSAC (Internasional Lubricant Standardization and Approval Committee) dsb. Salah satu standarisasi yang banyak dipakai adalah standarisasi SAE.

Pada mesin vespa ganti oli sangatlah mudah, tetapi bagaimana apabila perlatan kita terbatas..??. Untuk itu oniX akan mempraktekkan ganti oli ini sebagai berikut :

Peralatan :

1. Kantong Plastik
2. Gunting
3. Kunci untuk membuka baud oli

Kantong plastik yang dipakai adalah kantong plastik air minum ketika kita membeli nasi bungkus.




Tarik ujung plastik dengan menggunakan tangan jangan sampai putus, kira-kira 5 cm




Coba beri udara agar ketahuan ujung yang ditarik tadi tidak bocor / plastik tidak bocor.




Isi oli yang telah disesuaikan, kira-kira 400ml (1/2 isi botol oli 800ml)



Gunting ujung plastik yang ditarik dan masukkan ke lubang mesin , sebelumnya oli mesin lama sudah di kuras & baud pembuangan sudah di kencangkan.



Tekan oli didalam plastik sampai habis, jangan lupa tutup kembali baud pengisian oli bila telah selesai.

Selamat mencoba semoga bermanfaat

Salam Maker
oniX

0 komentar:

Posting Komentar

Download PDF