13.32

ADVENTURE UJUNG GENTENG

Diposting oleh oniX |


Mengawali tahun 2011, sebagai penyegaran Team Maker melakukan Adventure di daerah Jawa Barat dengan tujuan Ujung Genteng.

Kali ini team yang berangkat sebanyak 5 orang, Gue, Ipoel Dogel, Catur, Dimas dan Allie. Seperti biasa team belum mengetahui jalur yang akan dilewati dan baru menerima peta lokasi 1 jam sebelum keberangkatan.

Jalur yang akan dilewati melalui : Bogor, Cibadak, Cikembar, Jampang Tengah, Lengkong, Jampang Kulon, Surade, Buniwangi, UJUNG GENTENG, Gunung Batu, Ciracap, Caringin, Ciemas, Cihaur, Cidadap, Pelabuhan Ratu, Cisolok, Cilograng, Cijengkol, Giri Mukti, Gunung Kramat, Kalapanunggal, Parung Kuda, Bogor, Jakarta

Berangkat dilaksanakan pada Hari Jum'at tanggal 14 Januari 2011 pukul 22:34, setelah selesai persiapan dan berdo'a untuk kelancaran & keselamatan selama menjalankan Adventure ini.


Selesai Berdo'a Sebelum Berangkat

Sesuai dengan peta perjalanan, tujuan utama adalah Cibadak-Sukabumi arah Cikembar - Jampang Tengah pada pukul 01:45 dan sesuai informasi masyarakat disana di mohon untuk melanjutkan perjalanan pagi hari bila melewati Jampang, kami pun mengikuti arahan tersebut dan istirahat di POM Bensin sampai Pukul 05:51 Hari Sabtu 15 Januari 2011


Selesai Istirahat

Banyak informasi yang didapat selama makan pagi, mengenai jalan yang akan ditempuh, dan informasi lain yang didapat adalah tidak mungkin jalur tersebut dilewati karena bukan jalur umum. Tapi team yakin kenapa ada satu kampung tetapi tidak bisa dilewati dan kami melanjutkan perjalanan ke arah Jampang Tengah.


Jalan Menuju Jampang Kulon

Perjalanan tetap dilanjutkan, melewati daerah Cikembar menuju Jampang Tengah, ternyata jalurnya sangat alami dan bagus sekali berbeda dengan informasi yang kami terima sebelumnya, jalan aspal tipis meskipun beberapa ruas jalan ada yang rusak. Hujan pun turun sepanjang perjalanan, sampai di Jampang Tengah.


Jampang Kulon,

Pengecekkan berkala ban, kabel-kabel serta mesin di Jampang Tengah sehabis istirahat dijanjutkan menuju Jampang Kulon. Jalan mulai rusak dan beberapa tanjakan cukup tinggi. Banyak galian gunung kapur dan truk-truk angkutan batu kapur. Perjalanan dari Jampang Tengah menuju Jampang Kulon sekitar 45 menit


Istirahat di Ciparay - Jampang Kulon

Hujan tidak berhenti sepanjang jalan, tujuan selanjutnya adalah Surade dan Ujung Genteng sebagai tujuan akhir.


Jembatan Menuju Ujung Genteng

Memasuki Ujung Genteng tepat pukul 13:53, kami bersyukur akhirnya sampai juga ke tujuan. Selanjutnya cari lokasi tempat makan dan istirahat sambil menikmati suasana pantai.



Istirahat dan Makan Siang



Foto Bareng di Lokasi Ujung Genteng

Pukul 17:00 melanjutkan perjalanan pulang, tadinya mau mampir ke daerah Pangumbahan tempat melepas anak penyu. Perjalanan pulang ini juga tidak melawati jalur utama, tetapi melalui jalur pintas yaitu Gunung Batu, Ciemas dengan tujuan Cisolok - Pelabuhan Ratu

Di pertengahan jalan daerah Gunung Batu vespa Army plat kuplingnya rusak, dan ganti plat kopling.



Ganti Plat Kopling

Selesai ganti plat kopling perjalanan selanjutnya menuju Ciemas, dan ketemu rombongan scooter PSJ (Paguyuban Scooter Jampang), saling tukar stiker & foto bareng.


Paguyuban Scooter Jampang

Melewati Ciemas, jalan mulai gelap, tanjakan, turunan dan hutan mulai dilewati, tiga jam sudah perjalanan akhirnya berhenti sejenak untuk minum kopi, makanan & minuman selalu tersedia sehingga saat berhenti tidak selalu di warung kopi.


Istirahat Sejenak Minum Kopi

Cisolok tepat pulul 01: dinihari bertepatan dengan padamnya listrik PLN, juga hujan mulai turun, terpaksa cari tempat istirahat di emperan toko.



Istirahat di Daerah Cisolok

Jam 06 pagi team sudah bangun, bersih-bersih untuk melanjutkan perjalanan, sampai puncak Cisolok pukul 07:46. Pemandangan yang indah diatas bukit melihat pantai laut selatan.


Puncak Cisolok

Perjalanan pun dilanjutkan tujuan selanjutnya potong kompas ke Cijengkol, hampir setiap masyarakat tidak mengetahui bahwa jalan menuju Cijengkol tidak mungkin pake kendaraan. Beberapa kali kami melihat peta, kami yakin pasti ada jalan karena ada perkampungan.



Peta Lokasi Tujuan Cijengkol

Dengan keyakinan dan mendapat info bahwa jalan bisa dilewati, akhirnya team berangkat menuju Cijengkol. Jalan mulai naik-naik dan naik


Jalan mulai naik

Sampai pada tanjakan extrim (kami menyebutnya extrim) Bajaj yang gue tumpangi telat ngoper ke gigi 1 & panik sehingga kelebihan melewati gigi 1. Akhirnya roboh juga tuh semok injak rem dan merobohkan semok dari pada gue mundur dan masuk jurang.


Tanjakan Extrim Perbaiki Kabel Perseneling

Tidak disangka kami sudah berada di puncak, kabutpun mulai turun, ternyata masih ada masyarakat yang tinggal di atas gunung dengan kehidupan yang sederhana, rumah panggung terbuat dari papan.

Begitu kami lewat semua heran... motor apa itu..?? ada tulisan V E S P A.., kami semua bangga mungkin bari kali ini vespa lewat ke sana. Dengan ramah dan bahasa daerah mereka menunjukkan jalan menuju Giri Mukti dan Gunung Kramat.



Puncak Gunung Kramat

Dari Gunung Kramat sekitar pukul 12 siang, jalan mulai bagus menuju Cikidang. Diperjalanan Bagol mulai kehilangan kendali karena rem kurang pakem, akhirnya ganti rem sambil istirahat di area kebun karet.



Istirahat Sambil Ganti Rem Belakang

Jalan menuju Cikidang diawali dengan tanjakan dan jalan rusak, tetapi setelah melewati Kalapanunggal, jalan sangat bagus, kiri-kanan kebun kelapa sawit. Iring-iringan 5 vespa dengan kecepatan penuh sangat enak dilihat dari pantauan belakang, sayang tidak ada video untuk mengabadikannya.



Jalan Menuju Cukidang - Kalapanunggal

Sampai di Parung Kuda pukul 17:30 hari Minggu tanggal 16 Januari 2011, belanja oleh-oleh.

Kamipun berpisah di Bogor menuju Cibinong, dan pulang ke rumah-masing-masing dengan selamat.

Terimakasih Bro untuk perjalan ini, banyak hikmah yang didapat dan kenangan yang tidak terlupakan, mudah-mudahan Adventure selanjutnya dapat bersama kembali.

Untuk Adventure selanjutnya tujuan Kawali - Ciamis.

Salam
oniX

3 komentar:

undangan online mengatakan...

keren sob,,,

SEO Tools mengatakan...

Sungguh² touring yang sangat menantang dan asik banget kayaknya tuh jadi ngiri liatnya karena pengen juga ngealkuin hal seperti itu,...hehe

Anonim mengatakan...

Mantan anak Medan salut dengan petualangan perjalannannya. Terharu mengingat persis masa muda pernah naik motor lewat melalui jalan desa samping danau Toba,Sumatera Utara.

Posting Komentar

Download PDF