18.33

PARALEL SPUL - LAMPU VESPA JADI TERANG

Diposting oleh oniX |

Salam Maker


Seperti pada beberapa artikel mengenai kelistrikan Vespa, spul merupakan salah satu komponen yang membangkitkan tegangan listrik. Besaran tegangan ini tergantung pada kumparan (besar penampang dan jumlah lilitan).

Pada Vespa 150 Super (VBC1) - VESPA 150 Sprint (VBL1) - VESPA 125 Super (VNC1) VESPA 125 GT (VNL2T) - VESPA 125 GTR (VNL2T) rangkaian kelistrikannya sama dan terdiri dari 3 Spul yaitu Spul Api, Spul Lampu Besar dan Spul Lampu kecil, bisa dilihat di pembahasan oniX sebelumnya Wiring Digaram.

Ketiga spul ini mempunyai peran masing masing, tentunya besaran arus pun berbeda, untuk itu oniX akan menjelaskan hasil percobaan yang telah dilakukan yaitu meningkatkan arus yang dikeluarkan oleh spul agar lampu pada Vespa menjadi lebih terang. Mohon beri komentar yah.. bila salah, soalnya belum sempat ukur berapa besaran arus yang dikeluarkan oleh spul tadi.






Untuk percobaan ini yaitu hanya menggabungkan (Paralel) 2 buah spul lampu besar, jadi spul lampu kecil tidak di pakai.



Bandingkan dengan gambar Default, Spul C tidak dipakai. Tambahan yaitu dengan Paralel 2 buah Dioda 6A fungsi sebagai penyearah dan penyetabil, karena sewaktu uji coba dengan bohlam 12V - 35W, lampu sering putus. Cahaya lampu yang dihasilkan pun menjadi lebih terang dibandingkan sebelumnya.


Apabila menginginkan pengembangan lebih lanjut bisa ditambahkan dengan Rangkaian Kiprok, sehingga bisa dipasang Accu. Biaya untuk pembuatan Rangkaian Kiprok sangatlah murah dibanding dengan membeli Kiprok Ducati he..he..he.., tapi fungsinya sama.



Keluaran Arus pada rangkaian ini mencapai 3A dan Tegangan 15V yang dihasilkan oleh IC LM2576-15V sangatlah cukup untuk supply Accu. Begitu juga input IC ini bisa mencapai 16V s/d 60V. Komponen Rangkaian Kiprok ini sangat umum dipasaran.

Rangkaiannya akan menjadi seperti ini dan tambahan accessories nya bisa dilihat pada pembahasan Electrical Accessories For Vespa



Selamat mencoba dan berkreasi.

Smoga bermanfaat

Salam
oniX

18 komentar:

ridwan mengatakan...

nice post

http://muhammadr06.student.ipb.ac.id

aris mengatakan...

artikelnya bagus,
salam kenal..
need IT??
http://www.linovtech.com

Galih mengatakan...

Saya masih bingung untuk yang satu ini, untuk c kok berubah menjadi b. Vespa saya super, tapi lampu sering putus. Gimana solusinya?

Triescooter mengatakan...

pengen nyoba tp belum sempet aja....

Anonim mengatakan...

bang galih : apa bang galih sudah memasang dioda 6A di spulnya? dicoba dulu bang. kalo gak pasang dioda untuk TV bang. temen saya waktu saya maen dibengkel pake dioda itu dan lampu jadi lebih terang serta stabil dari sebelumnya(gak sering putus)

Sep mengatakan...

Klau buat cb/gl bisa gak?...

Sep mengatakan...

Hatur nuhun..wasalam..

Anonim mengatakan...

Sudah saya coba om...jos! lampu saya jd lebih terang...
apa bedanya pakai 2 dioda 6 A dengan 1 dioda 12 A?
saya pakai 1 dioda 12 A om, cuma nggak tau bakal berefek sama apa...

Unknown mengatakan...

Saya sudah beli spul b tp kabelnya ada 3 macam terus yg mana kabel dipararel kabel yg ada hijau, kuning, dan kabel yg menepel dibodi lilitan sementara yg digambar hanya 2 warna hitam dan hijau mohon pencerahannya terimakasi

Unknown mengatakan...

kalo di bikin kabel hitam ke masa.. kabel hijau ke kuning terus kabel biru jadi strum utama ke lampu gimana ?? bisa ndak...

Unknown mengatakan...

kalo di bikin kabel hitam ke masa.. kabel hijau ke kuning terus kabel biru jadi strum utama ke lampu gimana ?? bisa ndak...

Unknown mengatakan...

Gan dioda kiproknya susah nyarinya,seumpama diganti pakai dioda biasa pakai dioda berapa ampere?

Anonim mengatakan...

Saya masih bingung bagimana biasa ada dua spul B? berarti harus beli spull baru kah kemudian dipasang yang B saja? mohon dibantu, terimakasih

Ammarayah04 mengatakan...

Maksudnya bang,...jadi harus beli 1 lagi lilitan spul lampu B.. Karna yg C tidak dipakai..

Unknown mengatakan...

Maksud dari dioda terbalik bgmn bang? Mohon pencerahannya?

Unknown mengatakan...

Kalo dioda diganti kiprok bisa bang?

Wayan Danu mengatakan...

Jadi kabel ground Dari dua spul itu di jadiin satu ya? Saya masih bingung neh.






Ahmad Luthfi mengatakan...

Mas kalo dari kiprok kurang dari 12 volt apanya yg rusak

Posting Komentar

Download PDF