14.07

ELECTRICAL ACCESSORIES FOR VESPA

Diposting oleh oniX |

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menambah fungsi dan penampilan pada semok tanpa merubah bentuk aslinya, sehingga kita bisa mendapatkan kepuasan sendiri.

Salah satunya pada Semok Gue yang satu ini, ada beberapa tambahan untuk memaksimalkan kinerja electrical antara lain :








  1. Pasang Battery (buat lampu dan klakson)
  2. Capasitor Bank (biar Battery tidak tekor)
  3. Pasang Relay (untuk mengontrol arus beban lebih)
Adapun perlatan dan bahan yang diperlukan untuk implementasi tersebut sebagai berikut :

Peralatan :
  1. Tool set
  2. Solder
  3. AVO Meter


Bahan :
  1. Battery
  2. Capacitor 33.000 mf (micro farad) 2 unit
  3. Relay 2 Unit
  4. Connector
  5. Fuse + Box
  6. Kabel Bakar
Untuk memulai terlebih dahulu perhatikan kondisi tahun Semok apakah sudah tersedia Kiprok (baik bawaan atau pasang tambahan/modifikasi) untuk pasang Battery disini Gue pake Battery kering merek Panasonic 12V, 7,2Ah/20hour.

Merangkai Capacitor Bank

Untuk lebih memaksimalkan kinerja Battery maka diperlukan media penyimpanan cadangan sumber listrik meskipun penggunaan Watt cukup besar, Battery pun tidak tekor dan lebih awet, untuk itu dibutuhkan celengan listrik yang dinamakan Capacitor Bank.



Rangkaian tersebut diatas terdiri dari 2 buah Capacitor 33.000mf/50V yang dihubungkan secara paralel, positif ke positif dihubungkan ke Battery & Kiprok positif sedangkan negatif ke negatif langsung ke Masa/Ground.



Intinya Capasitor Bank ini berfungsi sebagai pembantu Battery untuk penahan berat beban secara tiba-tiba (fungsi sebagai stabiliser), lampu tidak redup. Catatan lain, Capacitor Bank bukan sebagai penambah kapsitas Battery (memperbesar AH).


Merangkai Relay

Selain Capacitor Bank untuk lebih masksimal lagi yaitu dengan menambah Relay untuk lampu dan klakson agar lampu lebih terang dan suara klakson lebih nyaring/lantang. Relay adalah penghubung dan pemutus arus serta meredam arus yang besar.

1. Relay Untuk Lampu



Urutan kaki Relay :

  1. Kaki 85 ke masa
  2. Kaki 86 ke fungsi saklar
  3. Kaki 30 ke Battery dan fungsi saklar
  4. Kaki 87 ke lampu


2 buah relay terpasang (fungsi lampu dan fungsi klakson)


2. Relay Untuk Klakson


Urutan kaki Relay :
  1. Kaki 85 ke masa
  2. Kaki 86 ke fungsi tombol
  3. Kaki 30 ke Battery dan fungsi tombol
  4. Kaki 87 ke lampu
Pada tombol klakson harus ada yang dirubah yaitu fungsi Normally Closed diganti menjadi Normally Open.



Hanya menambah plat (kaleng biskuit) pada bawah tombol klakson, kemudian solder & tambahin kabel. Fungsi merubah NC menjadi NO.



Klakson menggunakan DENSO Stereo

Hasil uji coba & testing cukup puas, lampu tidak lagi redup, pernah uji coba dengan menggunakan OSRAM 60W, kita tetap harus menghargai pengendara lain dari lawan arah.



Smoga bermanfat
Salam Maker
oniX


21 komentar:

Anonim mengatakan...

hello... hapi blogging... have a nice day! just visiting here....

Anonim mengatakan...

keren!! tapi sayang gua ga tahu banyak tentang motor ni! blog ni tetap jadi panduan informasi yang bagus!

Anonim mengatakan...

mantap...gw mw coba......

papabear mengatakan...

mohon ijin mau nyobain ya mas...

oniX mengatakan...

Silahkan bro, ini semua untuk di praktekin

Mohamad Rivai mengatakan...

sip banget..

wah vespa q masih mogok2...
ntar kalo dah waras tak beri lampu taman ajah..
hahaha

Anonim mengatakan...

bantu cara pasang kiprok PS di bajaj deluxe tanpa aki, kalo bisa d kirim k email ane...
bozorabodor@gmail.com

Anonim mengatakan...

patut dicoba neh gan . . . nice info

Unknown mengatakan...

ne sekring /fuse pakek berapa ampere gan
mohon pencerahanya
trimkasi

Unknown mengatakan...

Gua udeh test. Tp ko aki kaya tekor yeh. Gua pake aki vespa tapi tanpa elcho. Sebelumnya kaga di pasang relay aman ajah make led. Apa ada yg salah jalurnya

Unknown mengatakan...

Mas tolong dibantu...vespa saya super 80 mau pasang kiprok dan aki...tolong dibantu skema nyatanya mas...awam kelistikan

Unknown mengatakan...

Mas tolong dibantu...vespa saya super 80 mau pasang kiprok dan aki...tolong dibantu skema nyatanya mas...awam kelistikan

Unknown mengatakan...

Vespa sy th 76,itu pake kiprok apa ya gan?

Unknown mengatakan...

Vespa sy th 76,itu pake kiprok apa ya gan?

Unknown mengatakan...

Om mau tnyaa ni, saya pake px 82. Kelistrikannya masih standar smua, tp lampu sein belakang cahayanya redup, tidak terang seperti sein depan. Mohon pencerahaannnya om, supaya terang

Unknown mengatakan...

Permisi om.. mau tanya.. kalo sistem sperti yg di jelaskas d atas... Itu kelistrikannya jadi AC ato ttp DC om ya?? Sbelumnya trima kasih infonya sangat sangat bermanfaat...

Unknown mengatakan...

Bantu jawab ya om... Kalo fuse untuk lampu dan klakson cocok pake 10 amphere om...

Unknown mengatakan...

Om.. skalian nanya nih.. hahaha.. brarti klo pake sistem yg kyk d atas ini jadi arus AC ya om???

Achmad mengatakan...

Ass.. masBro,, Saya punya vespa PX lama yang ga pake aki, gimana caranya klo saya mau pasang aki, dan peralatan apa aja yg kudu saya siapin setelah aki.. dan tolong juga kirimkan gambarnya untuk pemasangannya. thx.

Unknown mengatakan...

Om itu elco apa capasitor ??? Ko kaya elco

Unknown mengatakan...

Gan itu kapasitornya 3.300 apa 33.000 kalo 33.000 pasti besar ukurannya

Posting Komentar

Download PDF